Mobile 4 all

Booming perkembangan internet mengubah banyak landscape bisnis. Mulai dari bisnis musik hingga bisnis consmer goods. Mari coba kita lihat satu persatu apa sebenarnya kelebihan mobile dibandingkan media digital lainnya.

  1. Penetrasi, pengguna mobile saat ini atau dalam satu dua tahun kedepan mungkin sudah akan mencapai angka 3,3 milyar. Angka ini sudah mencapai kurang lebih 50% penduduk dunia. Wow, sebuah media yang sangat popular. fakta ini mensahkan mobile sebagai mass media ke 7 dalam sejarah media.
  2. Always carried, always on, sebagai media mobile dibawa kemana-mana, bahkan ke tempat-tempat private dimana media digital lain tidak bisa menjangkaunya. dan juga mobile selalu on, sehingga reach ke mobile bisa 24 x 7. Karena sifatnya ini juga mobile dapat memenuhi mood pemiliknya yang berubah-ubah. saat sang pemilik lapar mobile siap menampilkan pilihan restoran yang ada. saat inging nonton, mobil menyediakan akses langsung daftar bioskop lengkap dengan filmnya.
  3. Personal, mobile adalah satu-satunya media digital yang benar-benar bisa menjangkau individu tertentu karena sifatnya yang personal. one number for one person.
  4. Recording, mobile memiliki keunikan untuk men-capture user experience dengan recording function baik untuk Video ataupun untuk audio.
  5. Immediate, karakter dari mobile adalah reaksi cepat saat ini juga sehingga cocok digunakan untuk call to action type promotion.
  6. Location based, karena sifatnya yang dibawa kemana-mana maka mobile memilki keistimewaan lokasi. Dengan teknologi GPS ataupun GSM kita bisa mengetahui lokasi dari pengguna mobile sehingga mobile dapat digunakan untuk ad yang berbasis lokasi
  7. Direct Marketing, karena sifatnya yang personal, mobile merupakan alat direct marketing yang sangat efektif. Marketer hanya perlu berhati-hati agar tidak terjebak pada spamming.
  8. Build in Payment System, pembayaran pulsa mobile merupakan mekanisme yang dapat dikembangkan sebagai system pembayaran seperti halnya kredit card. contoh yang paling sederhana ialah ketika kita mendukung seorang kontestan Indonesia Idol, sebenarnya kita membayar melalui pulsa untuk mendapatkan hak suara tersebut.
  9. Mobile membuat media massa lama menjadi interaktif. contoh yang paling mudah ialah TV, dengan sms TV menjadi interaktif. Billboard dapat menjadi interaktif ketika menggunakan QR (Quick Respond) code yang mengarahkan orang yang memfoto code tersebut untuk mengakses webnya.

Demikian beberapa keunikan mobile media.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: