Ditengah segala hype dan euphoria online marketing saat ini ada beberapa hal yang menurut saya perlu di perhatikan. Salah satunya ialah Score pertandingannya.
Mengambil dari istilah John Naisbit dalam bukunya Mind Set, kita harus selalu melihat Score Pertandingannya (lihat faktanya). Fakta pertama tentunya dari data statistik yang ada di internet (menurut http://www.internetworldstats.com/stats.htm)
Statistik terakhir pengguna Internet
WORLD INTERNET USAGE AND POPULATION STATISTICS |
||||
World Regions |
Internet Usage, Latest Data | % Population ( Penetration ) | Usage % of World | Usage Growth 2000-2007 |
Africa |
43,995,700 |
4.7 % |
3.5 % |
874.6 % |
Asia |
459,476,825 |
12.4 % |
36.9 % |
302.0 % |
Europe |
337,878,613 |
41.7 % |
27.2% |
221.5 % |
Middle East |
33,510,500 |
17.3 % |
2.7 % |
920.2 % |
North America |
234,788,864 |
70.2 % |
18.9% |
117.2 % |
Latin America/Caribbean |
115,759,709 |
20.8 % |
9.3 % |
540.7 % |
Oceania / Australia |
19,039,390 |
55.2 % |
1.5 % |
149.9 % |
WORLD TOTAL |
1,244,449,601 |
18.9 % |
100.0 % |
244.7 % |
Asia saat ini memiliki pengguna terbanyak internet. Dari semua pengguna Internet di Asia, pengguna di Indonesia:
ASIA INTERNET USAGE AND POPULATION |
||||
Internet Users, Latest Data | Penetration (% Population) | (%) Users in Asia | Use Growth ( 2000-2007 ) | |
Afganistan |
535,000 |
2.0 % |
0.1 % |
53,400.0 % |
Armenia |
172,800 |
5.9 % |
0.0 % |
476.0 % |
Azerbaijan |
829,100 |
9.8 % |
0.2 % |
6,809.2 % |
Bangladesh |
450,000 |
0.3 % |
0.1 % |
350.0 % |
Bhutan |
30,000 |
3.7 % |
0.0 % |
5,900.0 % |
Brunei Darussalem |
165,600 |
41.0 % |
0.0 % |
452.0 % |
Cambodia |
44,000 |
0.3 % |
0.0 % |
633.3 % |
China |
162,000,000 |
12.3 % |
35.3 % |
620.0 % |
East Timor |
1,000 |
0.1 % |
0.0 % |
0.0 % |
Georgia |
332,000 |
7.6 % |
0.1 % |
1,560.0 % |
Hong Kong * |
4,878,713 |
68.2 % |
1.1 % |
113.7 % |
India |
60,000,000 |
5.3 % |
13.1 % |
1,000.0 % |
Indonesia |
20,000,000 |
8.9 % |
4.4 % |
900.0 % |
Japan |
87,540,000 |
68.0 % |
19.1 % |
85.9 % |
Kazakhstan |
1,247,000 |
8.5 % |
0.3 % |
,681.4 % |
Korea, North |
— |
— |
— |
0.0 % |
Korea, South |
34,120,000 |
66.5 % |
7.4 % |
79.2 % |
Kyrgystan |
298,100 |
5.5 % |
0.1 % |
477.7 % |
Laos |
25,000 |
0.4 % |
0.0 % |
316.7 % |
Macao* |
201,000 |
40.1 % |
0.0 % |
235.0 % |
Malaysia |
14,904,000 |
52.7 % |
3.2 % |
302.8 % |
Maldives |
20,100 |
6.6 % |
0.0 % |
235.0 % |
Mongolia |
268,300 |
10.3 % |
0.1 % |
794.3 % |
Myanmar |
300,000 |
0.5 % |
0.1 % |
29,900.0 % |
Nepal |
249,400 |
1.0 % |
0.1 % |
398.8 % |
Pakistan |
12,000,000 |
7.2 % |
2.6 % |
8,861.9 % |
Philippines |
14,000,000 |
16.0 % |
3.0 % |
600.0 % |
Singapore |
2,421,800 |
66.3 % |
0.5 % |
101.8 % |
Sri Lanka |
428,000 |
2.2 % |
0.1 % |
252.3 % |
Taiwan |
14,500,000 |
63.0 % |
3.2 % |
131.6 % |
Tajikistan |
19,500 |
0.3 % |
0.0 % |
875.0 % |
Thailand |
8,465,800 |
12.6 % |
1.8 % |
268.1 % |
Turkmenistan |
64,800 |
0.9 % |
0.0 % |
3,140.0 % |
Uzbekistan |
1,745,000 |
6.6 % |
0.4 % |
23,166.7 % |
Vietnam |
17,220,812 |
20.3 % |
3.7 % |
8,510.4 % |
TOTAL ASIA |
459,476,825 |
12.4 % |
100.0 % |
302.0 % |
data : September 30, 2007
Indonesia menurut situs tersebut memiliki 20 juta pengguna internet atau naik 900% dari tahun 2000 (dalam waktu 7 tahun) jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara dengan populasi internet terbanyak di Asia Tenggara dan untuk Asia di bawah China, India, Jepang dan Korea Selatan. Menurut data Nielsen yang saya tahu juga pengguna internet di Indonesia berjumlah sekitar 18 juta dengan estimasi perkembangan kedepan mencapai 35 juta dalam 3 tahun kedepan.
Dari sini kita baru tahu Market Size dari pengguna internet tapi belum tahu siapa saja yang sebenarnya melakukan surf di Internet.
Beberapa fakta tambahan lainnya ialah:
- Bisa dimengerti kalau pengguna Internet didominasi oleh mereka dengan SEC A1, A2, B jumlahnya mencapai lebih dari 50% pengguna karena mereka umumnya berpendidikan lebih tinggi dibanding kelas lainnya.
- Kebanyakan pengakses dari kalangan pelajar dari berbagai jenjang dan pekerja kerah putih.
- Mereka mengakses kebanyakanan dari warnet dan kantor.
- Sebagian besar masih single (bisa dimengerti kalau sudah nikah bisa dimarahin sama istri/suaminya kalau kelamaan online)
- Penetrasi Internet masih rendah (kalau data diatas benar berarti baru sekitar 10%)
Semua fakta diatas ini masih harus sangat kurang dan perlu dikeritisi dengan lebih dalam, terutama bagi perusahaan yang ingin menggunakan medium ini sebagai media penjualan.
Sejauh mana perusahaan-perusahaan besar saat ini menggunakan internet sebagai media mereka baik? untuk PR ataupun Marketing?. Berapa yang mereka investasikan untuk membangun sarana online? Dan bagaimana return mereka? menjadi pertanyaan yang krusial. Karena menurut saya ketika perusahaan-perusahaan besar di Indonesia mulai menginvestasikan dana yang cukup besar dalam dunia internet didukung perkembangan populasi internet yang terus meningkat barulah medium internet untuk bisnis di Indonesia akan menjadi industri yang sesungguhnya.
Tinggalkan Balasan