Mobile Operator

Kalau mengikuti perkembangan industry mobile communication saat ini, kita memang melihat betapa rapatnya dan betapa ketatnya persaingan antara para pemainnya Telkomsel (KartuHalo, Simpati, Kartu As), Indosat (matrix, IM3, Mentari), Excelcom (Xplor, Bebas, Jempol), Bakrie Telecom (Esia, Wiphone), Bimantara (Mobile 8), Hutchison (3), Sinar Mas (Smart), Natrindo, dan mungkin akan banyak lagi pemain yang akan muncul.

Satu hal yang menarik ialah begitu ‘rusuh’ nya mereka semua beriklan sampai-sampai konsumen menjadi bingung mana yang menawarkan value terbaik karena hampir semua key message yang ditonjolkan seperti harga pulsa, bonus, gimmick dan lainnya begitu beragam dan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang makin membuat konsumen semakin pusing.

Ditengah arus ini menurut saya akan sangat bermanfaat bila ada operator yang memposisikan diri sebagai wise company yang menampilkan brand personalitynya sebagai brand yang jujur dan sederhana. harga yang jelas dan ketentuan yang tidak macam-macam.Sebenarnya ketika XL mengeluarkan komunikasi yang tanpa syarat dan ketentuan berlaku, saya salut dengan konsep pelayanan tersebut, namun apa daya hanya dalam waktu beberapa bulan (atau minggu) bentuk komunikasi itu diganti dengan yang Rp1/detik yang ternyata menggunakan syarat dan ketentuan juga, sungguh disayangkan menurut saya.

3 sebenarnya menurut saya sudah mencoba ke arah ini dengan style komunikasi desain yang minimalis dan message yang jelas sudah mencoba kearah ini. Desain customer service yang minimalis, dan logo 3. Mereka juga menggunakan anak-anak sebagai bagian dari komunikasinya menurut saya karena dua hal pertama menggunakan assosiasi keluguan anak untuk mendukung kesederhanaan brand 3 dan mencoba menggapai future market mobile komunikasi (atau mungkin saat ini anak-anak memang sudah umum punya HP?) melalu first time pengguna.

Bagaimana menurut rekan-rekan terutama yang bergerak diindusty telekomunikasi ini, apabila ada satu operator yang membungkus brand personalitynya baik corporate ataupun product) dengan dengan personifikasi wiseman, orang terpercaya. Yang diterjemahkan secara konsisten dalam komunikasi, skema harga, sampai proses registrasi. Apakah menurut rekan-rekan akan sukses?

Tentunya point of parity industry seperti kualitas jaringan, jangkauan komunikasi, dan customer services telah terpenuhi terlebih dahulu.

2 respons untuk ‘Mobile Operator

Add yours

  1. rasanya,
    sekali lagi otw pulang malem-2,
    aku pernah ngomong ini dlm konteks sedan eropa utk kalangan mapan vs toyota camry.

    bagaimana kalau camry dicitrakan dgn karakter yg “bersih”, anti korupsi, tidak “bersembunyi” dibalik gelapnya kaca film, tidak butuh “topeng” ttg jati dirinya, bisa dgn gampang berbaur dgn masyarakat kebanyakan, reformis, tegas, berpegang teguh pada prinsip, dll…

    inget gak..?

    yah,
    katanya pak kusumo,
    great minds are alike…

  2. Kayaknya belum saatnya dan belum ada yang berani deh operator selular sekarang memposisikan dirinya sebagai wise operator.

    Telkomsel (baca: kartu halo) sebenarnya sudah memposisikan dirinya diatas operator-operator lainnya dengan sedikit sekali komunikasinya yang bertema price war.
    Ini mungkin karena telkomsel udah market leader dan proven dengan network terbaik, pelanggan terbanyak sampai sekarang, fitur terlengkap, dl makanya dia pede aja dengan harga diatas yang lain.

    Kalo yang lain kayaknya masih ngejar setoran, even pake cara black marketing juga sah-sah aja selama ngejar setoran.
    Contoh: Ada operator yang nawarin abonemen paket data, kalo kita ikutan, spped connectionnya beda banget dibanding pake GPRS biasa….. Janjimu gombal……

    Mungkin 5 tahun lagi bisa Jeg, kalo HP ngga cuma dipake sekedar buat telp & sms. Waktu itu provider udh ada side income lumayan dari feature2 yang udh dimaksimalkan penggunanya. Dari duit itu gampang buat para operator untuk upgrade servicenya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

<span>%d</span> blogger menyukai ini: